Warung Kopi Ake Salah Satu Warung Kopi Legendaris di Belitung yang Harus Anda Coba

 Warung Kopi Ake Salah Satu Warung Kopi Legendaris di Belitung yang Harus Anda Coba

Kehadiran Andrea Hirata bersama novel Laskar Pelangi berhasil membawa Belitung ke memori tempo dulu. Suasana Kampung Belitung yang masih berjaya sebagai kawasan tambang timah, sekolah dasar reot milik Muhammadiyah tergambar epik dalam layar lebar dengan judul yang sama.

Meskipun kini Belitung berbenah menjadi lebih maju, namun ada satu kebiasaan yang tidak berubah sejak dulu. Yaitu budaya ngopi yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

Diantara banyak warung kopi, ada sebuah kedai yang telah setia menemani masyarakat Belitung bersantai selama puluhan tahun. Warung Kopi Ake menjadi legenda karena mampu bertahan sejak jaman penjajahan Belanda di kawasan Tanjung Pandan.

Meskipun telah berpindah tangan pada beberapa generasi, cara penyeduhan kopi masih mempertahankan teknik lama. Kopi dituangkan langsung dari teko-teko kuno yang kini terlihat telah berubah warna.

Saat ini, kopi dikelola oleh generasi ketiga. Namun, bangunan tidak banyak mengalami perubahan, hanya sedikit mengalami renovasi dari kayu menjadi batu bata. Bagi yang sedang berlibur ke Belitung wajib mampir ke kedai kopi Ake.

0 komentar: