Keindahan yang Nyata di Pulau Samber Gelap

Beragamnya keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Terbukti jika kekayaan alam yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tersebut mampu membuat siapa saja takjub. Salah satu keindahan alam Indonesia yang masih asri sekaligus menarik untuk dikunjungi ada di Kalimantan Selatan.

Di provinsi ini, selain ada Pulau Laut Utara, juga ada Pulau Samber Gelap. Wilayahnya masuk Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Di pulau cantik ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah bak surga dunia. Ingin tahu lebih banyak? Langsung simak ulasannya.

Nikmati indahnya surga kecil di Kalimantan Selatan ini, dengan mengambil rute penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta di Cengkareng menuju Bandar Udara Syamsir Alam di Kotabaru. Tiket bisa diperoleh dari yang paling terjangkau sebesar Rp 702.600,- hingga Rp 1.077.000,- untuk penerbangan yang lebih berkelas.

Selanjutnya dari Kotabaru menuju Pulau Samber Gelap, dibutuhkan perjalanan laut menggunakan speedboatyang dibanderol mulai dari Rp 2,5 juta per kapal. Atau bagi yang ingin menghemat pengeluaran bisa menyewa kapal nelayan lokal yang bisa didapat mulai dari harga Rp 1,7 juta. Perjalanannya sendiri akan memakan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam.
Lelah pun akan terbayar ketika kapal mulai mendekati pulau yang memiliki hamparan pasir putih. Itulah surga tersembunyi di balik rimbunnya pulau Samber Gelap. Bahkan, air yang berada di area pulau Samber Gelap juga sangat jernih. Sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung terumbu karang dan ikan kecil yang berada di bawah kapal.

Di pulau tak berpenghuni ini, pengunjung juga dapat snorkeling.Tidak hanya itu, deretan nyiur kelapa yang berbaris rapi di sepanjang bibir pantai juga siap membuat wisatawan lebih relaks merasakan hembusan angin. Tekstur pasir putihnya yang lembut juga akan membuat setiap wisatawan betah menyusuri pantai seharian. Selain itu, ada beberapa spotyang kontras dan dihiasi dengan bebatuan berwarna hitam.

Setelah puas menjelajahi pantai dan keindahan bawah air di pulau Samber Gelap, tidak ada salahnya jika wisatawan memutuskan untuk bermalam. Bahkan, sebelum langit malam datang, keindahan langit senja berwarna jingga keemasan siap memanjakan mata. Jangan lupa untuk membawa tenda, jika ingin bermalam di sini.

Liburan di pulau Samber Gelap ternyata tidak hanya sekadar menikmati keindahan pantainya saja. Saat malam tiba, para pengunjung dapat melihat sejumlah penyu sisik yang sedang bertelur di bibir pantai. Tentu saja pemandangan tak biasa tersebut tidak mudah ditemukan di pantai lain. Hamparan langit malam yang bertabur ribuan bintang juga siap mengantarkanmu ke alam mimpi.


0 komentar: